Tips menganalisa persaingan ide bisnis online di google serp

Setelah anda melakukan pencarian ide bisnis online maka langkah selanjutnya adalah mencari tahu apakah persaingan penggunaan ide bisnis yang anda pilih sebelumnya di Google SERP mudah atau sulit.

Sebelumnya saya menjelaskan terlebih dahulu mengenai Google SERP secara singkat karena mungkin banyak yang belum mengetahui apa itu Google SERP dan mengapa posisi di Google SERP sangat penting dalam bisnis online.

Google SERP atau Google Search Engine Result Page adalah daftar hasil pencarian dari mesin pencari informasi Google yang tersusun secara peringkat mulai dari 1 sampai 10 pada halaman 1 hasil pencarian dan seterusnya.

Sebagai contoh hasil Google SERP dari ide bisnis dari “bimbingan belajar” adalah sebagaimana gambar berikut ini :

google serp

Lalu apa target anda dalam Google SERP? seperti yang telah dijelaskan sebelumnya Google SERP adalah hasil pencarian yang terdiri dari 10 hasil pencarian yang diurutkan dari atas sampai bawah halaman. Target anda berada di POSISI 1 (paling atas) pada halaman 1 Google SERP pada keyword (dalam hal ini ide bisnis yang akan anda jalankan).

Mengapa harus berada di Posisi 1 atau minimal 1 -1 0 pada Google SERP? karena dengan berada di posisi tersebut peluang mendapatkan pengunjung yang banyak  ke website anda sangat besar, dengan banyaknya pengunjung maka peluang terjadinya transaksi juga semakin besar.

Untuk bisa mencapai posisi 1 atau minimal pada posisi 1 – 10 pada Google SERP anda harus mengetahui terlebih dahulu tingkat persaingan pada Google SERP sesuai dengan keyword anda.

Ada beberapa faktor yang perlu anda perhatikan dalam rangka menganalisa tingkat persaingan keyword di Google SERP, berikut ini faktor-faktor yang berdasarkan pengalaman saya perlu anda perhatikan :

  • Google PageRank
    Semakin kecil nilai PageRank berarti semakin mudah tingkat persaingannya.
  • Backlink Site
    Semakin kecil nilai Backlink Site berarti semakin mudah tingkat persaingannya.
  • Backlink Page
    Semakin kecil nilai Backlink Page berati semakin mudah tingkat persaingannya.
  • InTitle
    Semakin kecil nilai inTitle berarti semakin mudah tingkat persaingannya.
  • InAnchor
    Semakin kecil nilai InAnchor berarti semakin mudah tingkat persaingannya.

Masih ada beberapa faktor yang lain, akan tetapi berdasarkan pengalaman saya 5 (lima) faktor di atas sudah cukup untuk mengetahui tingkat persaingan sebuah keyword pada Google SERP.

Pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara anda mengetahui nilai dari faktor-faktor tersebut? untuk mengetahui nilai dari faktor-faktor tersebut anda bisa menggunakan software SEO Free Traffic Travis. Dengan anda menggunakan software Traffic Travis anda dapat langsung mendapatkan apa yang anda butuhkan dengan mudah dan cepat untuk menganalisa tingkat persaingan Google SERP. Saya sudah menggunakan Software Traffic Travis sejak tahun 2009 dan saya sangat puas walaupun menggunakan versi Free saja.

Untuk mendapatkan software Free Traffic Travis anda dapat mendownloadnya di sini. Ikuti petunjuk untuk mendownload software tersebut. Setelah anda selesai kemudian install dan jalankan software Traffic Travis Free version. (Dalam tulisan ini saya menggunakan Traffic Travis Profesional).

Setelah menjalankan Traffic Travis anda akan mendapatkan tampilan Dashboard dari software ini, untuk melakukan analisa tingkat persaingan silahkan pilih tabulasi SEO dan pilih Competition.

Setelah itu masukan keyword yang akan anda analisa, dalam kasus yang akan kita bahas akan di analisa 2 (dua) ide bisnis hasil dari artikel sebelumnya yaitu “bimbingan kerja” dan “sewa ruang rapat”. Masukan keyword tersebut pada keyword textbox kemudian klik “OK”.

Untuk mengetahui persaingan Google SERP pilih Google Indonesia pada pilihan Search Engines karena anda ingin menganalisa hasil pencarian untuk pengguna yang berasal dari Indonesia.

Untuk mengetahui nilai InTitle dan InAnchor pilih Advance Setting kemudian check pilihan InTitle dan InAnchor kemudian klik “OK”.

Kemudian klik “Fetch” lalu tunggu hasilnya (tergantung dari kecepatan jaringan internet anda). Hasilnya sebagaimana terlihat pada gambar di bawah ini :

Kelebihan dari software Traffic Travis adalah bahwa software ini akan melakukan analisa secara otomatis persaingan Google SERP berdasarkan faktor-faktor yang telah disebutkan sebelumnya dan langsung memberikah hasil dari tingkat persaingannya.

Untuk mengetahuinya anda cukup melihat kolom Difficulty yang akan memberikan hasil persaingan sesuai keyword, untuk kasus saat ini hasil dari analisa Traffic Travis adalah :

  • Bimbingan belajar : Medium Difficulty
  • Sewa ruang rapat : Easy

Anda sudah menemukan bahwa penggunaan keyword “sewa ruang rapat”¬† sebagai ide bisnis anda akan lebih baik dan menjual daripada penggunaan keyword “bimbingan belajar” karena memiliki tingkat persaingan yang mudah sehingga peluang anda untuk mencapai posisi 1 atau minimal pada posisi 1 – 10 pada Google SERP sangatlah besar.

Anda juga dapat melihat video menganalisa persaingan keyword dengan menggunakan Traffic Travis pada video yang saya buat di bawah ini atau menggunakan link youtube di sini.

Ulangi langkah-langkah untuk setiap keyword yang ingin anda analisa tingkat persaingannya di Google SERP.

Demikian tips mencari ide bisnis yang menjual dalam tema menganalisa tingkat persaingan di Google SERP, semoga bermanfaat untuk anda semua.


6 Responses to “Tips menganalisa persaingan ide bisnis online di google serp”

  1. [...] a Comment Pada artikel sebelumnya anda sudah mengetahui bagaimana mencari ide bisnis online dan menganalisa tingkat persaingan ide bisnis online yang anda pilih di Google Serp. Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan agar bisa melakukan bisnis online adalah memilih nama [...]

  2. [...] Bagaimana saya memilih dan menentukan keyword tersebut? anda bisa membaca kembali artikel mengenai tips mencari ide bisnis dan persaingannya di Google Serp. [...]

  3. [...] contoh anda dapat melihat artikel saya yang berjudul Tips menganalisa persaingan ide bisnis online di Google SERP dan untuk indbound link saya gunakan adalah “pencarian ide bisnis [...]

  4. [...] mungkin bertanya mengapa harus melakukan optimalisasi untuk mendapat posisi tinggi di Google SERP ? kenapa bukan Yahoo atau Bing ? jawabannya sangat mudah karena pengguna Google Search Engine lebih [...]

  5. teguh yuono says:

    Emm baru ngerti skrng. Makasih mastah

Leave a Reply