Studi kasus#1 : Mencari ide niche site blog baru

studi kasusSelama ini banyak sekali pertanyaan melalui email saya sejak saya melaunching blog adangrochiyat.com, pertanyaan yang paling banyak di tanyakan melalui email adalah : “Pak Adang…bagaimana cara untuk mencari ide untuk membuat blog yang selama ini bapak lakukan ?”.

Banyaknya pertanyaan yang seperti itu membuat saya terpikir untuk membuat sebuah tema khusus pada blog saya yang berjudul “Studi Kasus”. Pada tema tersebut akan membahas dari awal tentang bagaimana membuat sebuah blog sampai dengan bagaimana melakukan monetize blog agar bisa menambah pemasukan anda.

Studi kasus#1 yang akan coba saya bahas adalah tentang bagaimana dan apa saja yang biasa saya lakukan untuk mencari ide niche site untuk blog baru yang akan saya buat.

Karena dasar saya membuat sebuah niche site blog baru adalah juga untuk menambah pemasukan online saya, maka pola pikir yang selalu saya tekankan dalam membuat blog baru adalah mencari ide niche site blog yang :

  1. Ide niche site tersebut banyak DICARI oleh orang di internet;
  2. Ide niche site tersebut banyak DIBELI oleh orang di internet;

Dengan kedua persyaratan tersebut biasanya saya bisa mendapatkan sebuah ide niche site yang MENJUAL dan MENGUNTUNGKAN bagi saya. Pertanyaannya adalah bagaimana cara untuk mendapatkan ide niche site yang memenuhi kedua persyaratan tersebut ?

Salah satu cara yang sering saya gunakan adalah dengan menggunakan keyword “BEST SELLER PRODUCT” dan mencarinya di google. Sebagai contoh yang akan saya lakukan adalah dengan mencari “best seller product 2012 amazon” di google. Tujuan saya adalah untuk mengetahui produk-produk apa saja yang paling banyak terjual melalui amazon pada tahun 2012.

Langkah-langkah yang saya lakukan dalam mencari ide niche site adalah sebagai berikut :

  1. Mengetikan keyword “best seller product 2012 amazon” di google search engine;
  2. Klik hasil #1 pada google serp yang akan menuju halaman sebagaimana link yang saya berikan berikut : http://www.amazon.com/Best-Sellers/zgbs.
  3. Anda akan melihat produk-produk apa saja yang best seller di amazon. Anda dapat melihat-lihat terlebih dahulu produk mana yang akan anda jadikan ide niche site blog anda. Saya biasanya selalu memilih produk yang saya suka, saya kenal atau jika saya tidak suka dan tidak kenal maka saya memilih produk yang menurut saya mudah untuk mencari data seputar produk tersebut. Dalam studi kasus kali ini saya memilih Kategori Toys&Game. Agar bisa melihat semua produk yang best seller saya memilih See more Best Sellers in Toys & Games.
  4. Saya memutuskan untuk mencoba produk “Lego Friends”. Alasan saya memilih produk tersebut karena mainan tersebut untuk anak perempuan dimana sepengetahuan saya jika produk peruntukannya untuk anak perempuan peluang penjualannya lebih besar jika dibandingkan produk untuk anak laki-laki.
  5. Tahapan mengenai produk banyak DIBELI sudah selesai, tahapan selanjutnya adalah mencari tahu apakah produk tersebut banyak DICARI di internet. Untuk mengetahui hal tersebut saya menggunakan Google Keyword Tool. Setelah menggunakan Google Keyword Tool saya memilih keyword yang memiliki local search > 3000 dan keyword yang saya pilih adalah sebagai berikut :
    • lego friends games (5400)
    • lego friends game (3600)
    • lego with friends (110000)
  6. Langkah selanjutnya adalah mencari tingkat persaingan keyword tersebut di Google SERP. Untuk mengetahui hal tersebut saya menggunakan Traffic Travis, sebuah software SEO yang sangat membantu anda untuk mengetahui tingkat persaingan sebuah keyword. Berdasarkan hasil research Traffic Travis saya memutuskan untuk memilih keyword “lego friends games” karena tingkat persaingannya adalah “relatively easy”. Berdasarkan pengalaman saya dalam membuat blog jika tingkat persaingannya relatively easy masih cukup mudah untuk bersaing walaupun blog anda masih baru.
    Selain itu dalam hasil analisa hasil Google SERP posisi 1 sampai dengan 10 pada kolom PageRank anda dapat melihat ada 4 web yang memiliki PageRank 0 dan meta Title, Description dan H1 Tag tidak menuliskan keyword “lego friends games”. Hal ini adalah peluang anda dalam melakukan optimalisasi on-page SEO agar bisa mendapat posisi yang lebih baik di Google SERP.
    studi kasus
  7. Berdasarkan hasil dari Google Keyword Tool dan Trafic Travis tersebut saya memutuskan menggunakan keyword Lego Friends Games sebagai niche site yang nantinya akan saya buat menjadi sebuah blog baru yang memberikan informasi lengkap mengenai mainan Lego Friends.

Demikian studi kasus#1 dengan bahasan mencari ide niche site blog baru, pada bahasan selanjutnya saya akan membahas mengenai bagaimana memilih nama domain dan memilih hosting untuk blog baru anda. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba !


2 Responses to “Studi kasus#1 : Mencari ide niche site blog baru”

  1. [...] studi kasus #1 dalam menentukan kualitas sebuah keyword saya menggunakan Google Keyword Tool dan Traffic Travis, maka pada studi kasus#2 kali ini saya [...]

  2. infoskus says:

    wah perlu di simak dan di contoh nih hehehehe makasih infonya

Leave a Reply