Strategi Backlink yang bekerja pada Google Pinguin

backlink strategy at google pinguinBagaimana melakukan strategi backlink yang bekerja pada Algorithma Google Pinguin merupakan pertanyaan yang banyak ditanyakan oleh banyak blogger sejak Google melaunching algortihma Google Pinguin, salah satunya adalah termasuk saya.

Banyak artikel yang menyatakan bahwa metode strategi backlink seperti submit ke web directory, menaruh backlink di sibebar, memberikan sebuah komentar pada sebuah blog dan submit ke artikel direktori sudah tidak berfungsi lagi.

Pada awalnya saya merasa kebingungan karena metode-metode tersebut selama ini saya lakukan dalam mencari sebuah backlink. Akan tetapi saya mendapat hal yang menarik pada saat melihat ada kenaikan PageRank pada blog adangrochiyat.com yang tadinya bernilai 0 menjadi memiliki nilai PageRank 1. Saat saya melihat di SEOquake (sebuah addons untuk mozilla firefox) ternyata blog saya telah memiliki 21 Backlink.

Saya sendiri tidak menyangka hal tersebut, untuk memastikan hal tersebut saya membuka Google webmaster tool lalu melihat backlink blog saya pada Traffic ->Link to your site. Saya mendapatkan data yang berbeda dengan data SEOquake, akan tetapi saya lebih memilih data dari Google Webmaster Tool karena merupakan milik Google. Dari keterangan yang saya dapatkan dari Google webmaster tool saya mencoba menyusun data agar lebih mudah untuk saya menganalisa, data yang saya dapatkan adalah sebagai berikut :

baacklink-strategy

Total backlink sejumlah 1.330 link dan ada 30 domain yang memberikan backlink ke blog adangrochiyat.com berdasarkan data dari Google Webmaster Tool. Hal ini cukup mengejutkan saya karena selama ini saya melakukan strategi backlink yang menurut banyak orang sudah tidak bisa dilakukan dalam algorithma Google Pinguin seperti sidebar backlink, web directori, blog directori dan social bookmark. Metode yang belum pernah saya lakukan adalah submit ke artikel direktori.

Berikut ini adalah gambaran strategi backlink yang saya lakukan :

backlink-strategy

Seperti yang terlihat pada gambar di atas, saya melakukan kegiatan mencari backlink dengan menggunakan 4 (empat) metode, yaitu :

1. Blog Direktori

Meskipun banyak yang menyatakan bahwa submit ke dalam blog direktori sudah tidak efektif lagi untuk dilakukan, akan tetapi berdasarkan keterangan data dari Google Webmaster Tool ternyata backlink dari blog direktori masih dianggap sebuah backlink oleh Google. Salah satu rekomendasi blog direktori adalah www.bloggers.com. Akan tetapi perlu diingat bahwa dalam melakukan submit ke blog direktori jangan melakukan dengan melakukan software auto submit, lakukanlah secara manual dan tidak melakukan spamming. Saya pribadi selalu melakukan submit ke blog direktori secara manual.

2. Blog Comment

Apakah memberikan komentar pada sebuah blog untuk mendapatkan sebuah backlink sudah tidak efektif ? ternyata masih cukup efektif. Berdasarkan data dari Google Webmaster Tool backlink kepada blog adangrochiyat.com dari blog comment cukup banyak dan masih dianggap backlink oleh Google. Sama dengan submit ke blog direktori, pada blog comment juga harus menghindari melakukan auto comment dengan menggunakan software. Lakukan pengisian komentar sesuai dengan konten artikel blog dan jangan melakukan spamming serta lakukan manual. Saya selalu melakukan blog comment secara manual dan menulis komentar yang sesuai dengan konten dari artikel.

3. Blogroll Link

Apa yang dimaksud dengan blogroll link ? Blogroll link adalah link yang biasanya anda tempatkan di sidebar link blog anda. Biasanya digunakan saat membuat sebuah link networking. Saya biasanya menempatkan link pada setiap blog yang saya buat dan menghubungkannya satu dengan lainnya dan biasanya saya tempatkan pada sidebar. Yang perlu diperhatikan dalam strategi blogroll link ini adalah penggunaan anchor link. Jangan selalu menggunakan anchor link yang sama, usahakan untuk berbeda agar tidak terlihat spamming oleh Google. Pada data di Google Webmaster Tool backlink yang berasal dari Blogroll link masih dianggap sebagai backlink.

4. Social Bookmark

Pada awalnya saya meragukan bahwa submit ke social bookmark akan mempengaruhi backlink blog saya. Akan tetapi setelah saya melihat data di Google Webmaster Tool saya melihat bahwa backlink yang berasal dari social bookmark baik dari yang lokal maupun dari yang luar negeri ternyata lebih banyak jika dibandingkan dengan yang lainnya. Rekomendasi dari saya segera lakukan submit ke social bookmark setiap anda membuat sebuah artikel baru di blog anda. Akan tetapi anda harus tetap ingat untuk melakukan hal tersebut secara manual dan jangan melakukannya menggunakan software auto submit social bookmark.

Ke-empat strategi backlink tersebut memang selama ini dianggap tidak efektif lagi setelah Google Pinguin dan banyak para ahli yang menyatakan demikian. Akan tetapi saya mendapatkan data backlink dari Google Webmaster Tool bahwa empat strategi backlink yang saya lakukan ternyata masih dianggap backlink oleh Google. Apakah anda mempunyai pendapat lain ? jika iya silahkan kirim komentar anda. Selamat mencoba !


5 Responses to “Strategi Backlink yang bekerja pada Google Pinguin”

  1. masopick says:

    infonya menarik sekali gan.. ane jadi terinspirasi utk menjalankan 4 metode tsb dg baik..

  2. wah strateginya mantep tuh gan, sudah saya coba dan emang berhasil gan

  3. okky says:

    Wah…menarik banget artikelnya. Oya…saya ada satu pertanyaan, kebetulan saya sering submit artikel blog saya ke berbagai macam social bookmarks, namun tetap menggunakan nama author yang sama (bukan judul). Apakah hal tersebut akan dianggap sebagai spamming oleh google? Terima kasih atas jawabannya….)

Leave a Reply