Mendapat $100.80 dari Google Adsense untuk bulan April

google adsenseSelama ini sejak saya menonatifkan Google Adsense pada beberapa Blog saya, pendapatan dari Google Adsense bisa dikatakan “nol”. Saya menonaktifkan Google Adsense karena sejak Google mengeluarkan Algorithma Panda dan Pinguin, banyak blog-blog saya yang mengalami re-index bahkan di banned oleh Google. Untuk menghindari akun saya ikut dibanned maka saya memutuskan untuk menonaktifkan terlebih dahulu Google Adsense pada blog saya.

Setelah itu saya mereviews kembali blog-blog yang saya miliki sehingga saya mendapatkan kesimpulan mana saja blog yang tidak perlu lagi saya lanjutkan (dihapus secara permanen) dan mana yang dapat saya kembangkan mengikuti algorithma Google Panda dan Pinguin (mereviews backlink dan konten secara keseluruhan). Selain itu saya kembali membuat blog-blog baru dengan memanfaatkan blogspot dan juga membeli domain dengan tema (niche) blog yang cocok dengan Google Adsense dengan menggunakan kontenyang berbahasa Indonesia. Semuanya memerlukan kerja keras ! Hasilnya ? untuk bulan ini saya mendapatkan $100.80 dari Google Adsense.

Jumlah tersebut memang tidak cukup banyak akan tetapi jika melihat jumlah tersebut hanya dihasilkan oleh 1 blog (domain berbayar) dan 2 blog blogspot menurut saya jumlah tersebut sangatlah besar karena berarti hanya dihasilkan oleh 3 blog saja.

Berikut ini beberapa hal yang saya lakukan dalam membuat 3 blog tersebut :

  1. Saya selalu melakukan research keyword terlebih dahulu dengan menggunakan traffic travis sebelum menentukan tema blog apa yang akan saya buat. Jika selama ini saya membuat blog dalam bahasa inggris, sejak tahun 2011 saya juga mulai membuat blog dalam bahasa Indonesia.
  2. Menentukan apakah akan membeli domain berbayar atau layanan blog gratis seperti blogspot. Untuk menentukan mana yang akan dipilih biasanya saya menentukannya berdasarkan nilai kompetisi dari keyword dan nilai bisnisnya. Jika kompetisi dari keyword rendah dan nilai bisnisnya tinggi maka saya akan memilih menggunakan domain berbayar.
  3. Melakukan optimalisasi SEO baik on-page maupun off-page dan dengan rutin menulis konten yang berkualitas.
  4. Menunggu dengan sabar sampai blog anda mendapatkan trafik pengunjung yang tinggi.

Hal yang pasti adalah tidak semuanya bisa berjalan dengan lancar dan cepat karena untuk mendapatkan trafik yang tinggi anda membutuhkan waktu.  Sebagai contoh dari banyaknya blog yang saya miliki hanya 3 blog yang aktif memberikan pemasukan pada Google Adsense. Mengapa ? karena baru 3 blog tersebut memiliki trafik lebih dari 100 pengunjung setiap hari sedangkan blog yang lain belum mencapai jumlah trafik sebesar itu.

Hal ini memicu semangat saya untuk lebih bekerja keras dalam mencapai hasil yang lebih baik dengan selalu mengingat bahwa tidak ada “get quick rich” dalam bisnis online. Semoga bermanfaat !


4 Responses to “Mendapat $100.80 dari Google Adsense untuk bulan April”

  1. devic23 says:

    Postingan nya enak sekali dibaca, dan mudah dicerna.
    tapi prakteknya ……..ya …… ampun mas, susah bangeeeeeet. sumpah deh mas.
    anyway, thanks for your ideas!!!!!

  2. teguh yuono says:

    Jadi semakin tertarik dengan SEO mas. Thanks sharenya. :)

  3. Gede Ardi says:

    dftr adsense harus ada halaman desclimer ama privacy policynya ya? klo bikin desclimer ama privaci policy pakek generator online, melanggar tos gak? soalnya gak tau bikin desclimer sendiri..

Leave a Reply